Selamat Datang di Blog Guru Berbagi SMP Negeri 2 Kayen
<< Berkarakter Menyenangkan Luar Biasa >> <<Luar Biasa Menyenangkan Berkarakter >>

Rabu, 15 Februari 2012

Peranan Komputer Dalam pembelajaran

· Komputer sebagai alat



Ada dua model pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu utama dalam pembelajarannya, yang pertama dikenal dengan nama CAI yaitu “Computer Assited Instruction”, dan yang kedua dikenal dengan CMI yaitu” Coputer Manageg Instruction”. Dalam CAI peserta didik berinteraksi langsung dengan komputer sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Dalam CMI komputer membantu siswa didalam dua hal yaitu dalam kegiatan pembelajaran dan pengelolaan informasi dan juga dalam pembimbingan belajar siswa.
Dalam kawasan pembelajaran ada empat kelas besar yang umumnya digunakan oleh pendidik dalam menggunakan aplikasi komputer, yaitu:
· Komputer sebagai objek pembelajaran
· Komputer sebagai media pembelajaran
· Komputer mengasah Logical Thinking
Literasi TIK/ ICT Literacy adalah kemampuan untuk menyaring dan menganalisis pesan yang menginformasikan, menghibur dan menjual kepada kita setiap hari. Ini adalah kemampuan untuk membawa keterampilan berpikir kritis untuk menggunakan semua media dari video, musik ataupun lingkungan Web.
Sedangkan Literasi Komputer/ Computer Literacy merupakan pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien, yang sekarang lebih populer dengan istilah “ Melek Komputer”.
Seorang pembuat software pembelajaran sudah seharusnya mengikuti teori-teori belajar yang ada, hal ini untuk diperlukan agar siswa dapat memahami dengan baik pesan yang disampaikan melalui software tersebut.
Sebagai contoh Teori Gagne banyak dipakai untuk mendisain Software instruksional.
Pertanyaan:
1. (Melinda) Mengapa teori Neobehavioristik banyak dikembangkan untuk software pembelajaran..?
2. (Melinda) Apa hubungan antara Komputer & Media Pembelajaran..?
3. (Noor Rofiana) Mengapa hanya neobehaviorisme yang banyak digunakan, bagaimana dengan teori yg lain untuk pengembangan software..?
4. (Gian) Apa maksud dari “Logical Thinking”..? dan sebutkan contohnya..!
5. (Arif) Bagaimana cara mengatasi masalah kurangnya kemampuan mengoperasikan computer..?
6. (Arif) Bagaimana mengatasi masalah biaya yg mahal untuk menggunakan computer..?
7. (Arifin) Apa kesimpulan kelompok mengenai Peran Komputer dalam Pengembangan Media Pembelajaran..?
Jawaban:
1. Selain karena memang lebih mudah untuk menerapkan teori ini dalam mengembangkan software, Proses Evaluasi untuk teori ini akan lebih mudah.
2. Komputer dapat memudahkan seorang pendidik untuk memproduksi suatu media yang berbentuk multimedia.
3. Teori yang lain sebenarnya bias saja untuk diterapakn dalam pembuatan media, Bisa pula untuk teori humanistik yang dirasa merupakan teori yang paling efektif.…namun pembuatan software dengan menggunakan teori ini akan lebih sulit. Karena perlu adanya interaksi anatara sang pengguna dengan orang yang membuat software. Paling tidak teori ini bisa diterapkan hanya jika pengguna dan pembuat software terhubung melalui internet.
4. Komputer mengasah Logical thinking, maksudnya komputer dapat melatih pola pikir logis siswa. Sebagai contoh dengan memahami bahasa-bahasa pemrograman dapat mengasah pola pikir logis seorang pengguna.
5. Untuk mengatasi masalah kurangnya kemampuan menggunakan komputer yaitu dengan melakukan pendidikan literasi TIK dan Komputer untuk masyarakat, yang sekarang ini sedang gencar dilakukan oleh berbagai pihak untuk meningkatakn sumberdaya manusia masyarakat indonesia.
6. Sedangkan untuk masalah biaya yang mahal untuk mengakses teknologi komputer, perlu adaya campur tangan pemerintah maupun Organisasi sosial untuk membantu masyarakat dalam mengakses teknologi ini.
7. Komputer adalah teknologi yang dapat membantu seorang pendidik untuk mebuat berbagai media. Khususnya yang berbentuk multimedia sehingga dapat meningkatakn kemampuan akademik siswa.

Diberdayakan oleh Blogger.

Feed Section